SEPUTAR EMAS

Mengapa harus EMAS?

 

 

10 Negara Penyimpan Emas Terbesar di Dunia

Harga emas dunia saat ini terus meningkat seiring semakin berkurangnya cadangan emas di dalam perut bumi. Pemegang emas terbesar adalah Bank-bank sentral, badan internasional dan pemerintah yang diyakini menyimpan sekitar 20,5 persen dari emas dunia atau sekitar 29.787 ton. Jadi siapa saja yang menyimpan emas dunia?
10. Belanda


Nominal : 26,9 jt Dolar
Berat : 674,98 Ton

Belanda memiliki cadangan kesepuluh terbesar di daftar dengan 674,98 ton emas. Bank Belanda mengelola keuangan nasional negara, termasuk cadangan emas, yang nominalnya sekitar 26,9 jt di pasar saat ini dan emas itu merupakan 53,4 persen dari cadangan devisa negara.



9. Rusia


Nominal : 28,26 jt Dolar
Berat : 706,38 Ton

Bank Sentral Federasi Rusia bertanggung jawab atas 706,38 ton emas negara, yang bernilai 28,26 jt dolar dan terdiri dari 5,1% dari cadangan devisa negara.  Pada tahun 2009 Rusia meningkatkan produksi emas sebesar 21%, sebagian karena peluncuran beberapa tambang baru.



8. Jepang


Nominal : 33,73 jt Dolar
Berat : 843,25 Ton

Meskipun Jepang urutan 8 pada daftar, 843,25 ton emas yang dimiliki hanya 2,5 persen dari total cadangan devisa. Di pasar terbuka, cadangan emas Jepang yang bernilai sekitar 33,73 jt diawasi oleh Bank of Japan













7. Swiss


Nominal : 45,84 jt Dolar
Berat : 1.146 Ton

Swiss National Bank melakukan kebijakan moneter Swiss dan mengelola 1,144.1 ton emas negara. Dengan cadangan dunia terbesar ketujuh dalam hal logam mulia, pasokan Swiss bernilai sekitar 45,84 jt dolar di pasar emas saat ini, akuntansi untuk 27,1 persen dari cadangan devisa negara.





6. Cina

Nominal : 46,46 jt Dolar
Berat : 1.161,6 Ton

Dengan 1.161,6 ton, negara dengan jumlah penduduk terbanyak ini memiliki cadangan emas keenam terbesar di dunia. Berharap lebih tinggi? bahwa dari cadangan emas Cina itu haya 1,6 persen yang milik asing sisanya sebagai devisa negara. Dengan populasi 1,34 milyar, negara memiliki sekitar 34,70 dolar per orang, dengan total 46,46 jt dolar.





5. Perancis


Nominal : 107,35 jt Dolar
Berat : 2.683,81 Ton

Bank Nasional Perancis, Banque De France, adalah rumah bagi kepemilikan emas negara itu, yang terdiri dari 65,7 persen dari cadangan asing. Dengan 2.683,81 ton emas sebagai cadangan, kepemilikan Perancis yang bernilai sekitar 107,35 jt dolar.







4. Italia

Nominal : 108,07 jt Dolar
Berat : 2.701,9 Ton

Banca D’Italia mengelola cadangan devisa Italia, yang telah dilaporkan adalah 2.701,9 ton oleh World Gold Council dan menjadi pemilik cadangan emas terbesar keempat di dunia. Kepemilikan ini senilai 108,07 jt dolar dan 64,9 persennya adalah cadangan devisa negara.


3. International Monetary Fund (IMF)

Nominal : 132,4 jt Dolar
Berat : 3.311,84 Ton

IMF mengawasi operasi ekonomi Internasional dari 185 negara anggota. Kebijakan emas telah berubah dalam 25 tahun terakhir, namun tidak merubah cadangan emas untuk menstabilkan pasar internasional dan bantuan ekonomi nasional. Sebagai contoh, menjual sebagian cadangan pada bulan Desember 1999 untuk membantu menyembuhkan Heavily Indebted Poor Countries (HIPC) Initiative. The 3311.84 tons of IMF Gold would fetch roughly $132.4 billion in today’s market. 3.311,84 ton emas IMF akan setara dengan 132,4 juta dolar di pasar saat ini.

2. Jerman

Nominal : 150,17 jt Dolar
Berat : 3.754,29 Ton

Deutsche Bundesbank, bank sentral Jerman, telah menyimpan 3.754,29 ton cadangan emas yang bernilai sekitar 150,17 jt dolar. Menurut World Gold Council, pundi-pundi emas Jerman sebanyak 66,1 persen dari total untuk cadangan devisa.



1. Amerika Serikat


Nominal : 358,63 jt Dolar
Berat : 8,965.65 Ton

Amerika Serikat Bullion Depository di Kentucky – atau dikenal sebagai Fort Knox – adalah tempat menyimpan persediaan emas yang paling terkenal di dunia. Karena tempat ini menyimpan sebagian besar cadangan emas nasional, sisanya disimpan di Philadelphia Mint, the Denver Mint, the West Point Bullion Depository and the San Francisco Assay Office. Secara keseluruhan, total cadangan emas Amerika Serikat sebesar 8.965,65 ton dan bernilai sekitar 358,63 jt dolar.



Urutan Indonesia ada di table dibawah ini:


Sejarah Emas di Dunia Print E-mail
Written by Aris Purbo

gold_globeSejak dulu kita sering kali membaca artikel tulisan baik itu di internet ataupun di majalah tentang emas yang telah di pakai sejak berabad-abad lama nya, bahkan mungkin sejak beberapa millennium yang lalu. Berikut ini sejarah emas yang di mulai pada tahun 4000 Sebelum Masehi.

4000 Sebelum Masehi
Sebuah kebudayaan yg berpusat di sebuah daerah yg saat ini di sebut dengan Eropa Timur mulai menggunakan emas sebagai objek aksesoris & fashion. Kemungkinan besar emas tersebut di tambang di Transylvanian Alps atau bisa juga berasal dari tambang di daerah pegunungan Pangaion.

3000 Sebelum Masehi
Sebuah peradaban di irak selatan menggunakan emas untuk menciptakan perhiasan yg sangat mengagumkan dan model desain perhiasan dari peradaban itu masih banyak di pakai sampai saat ini.

2500 Sebelum Masehi
Raja Tomb of Djer di kubur bersama perhiasannya. Dia adalah raja pertama dari dinasti mesir di Abydos, Mesir.

1500 Sebelum Masehi
Daerah Nubia yang sangat kaya akan deposit kandungan emas membuat mesir menjadi negara yang sangat kaya setelah emas di kenal sebagai alat tukar untuk perdagangan internasional. Dimana standart unit di timur tengah pada waktu itu menggunakan koin emas shekel dengan berat 11.3 Gram. Shekel terbuat dari campuran alami logam 2/3 emas dan 1/3 silver yang biasa di sebut electrum.

1350 Sebelum Masehi
Babilonia mulia menggunakan api sebagai teknik untuk menguji kemurnian emas.

1200 Sebelum Masehi
Orang Mesir yang menguasai seni pembuatan emas memasukkan emas ke dalam daun untuk memperpanjang umur pakai nya, mereka juga mencammpur emas dengan logam lain untuk meningkatkan kekerasan dan variasi warna emas yang di hasilkan (dengan campuran tertentu emas bisa berubah menjadi warna hijau, merah, ungu dll). Pada era ini mereka juga mulai menggunakan teknik lost wax dimana saat ini teknik lost wax ini masih menjadi jantung dari industri perhiasan. Kulit domba yang tidak dicukur mulai dipergunakan untuk memisahkan emas dari pasir sungai di timur laut, Laut Hitam. Setelah pasir dituang ke dalam kulit domba mereka lalu mengeringkan nya untuk mengeluarkan partikel emas. Teknik seperti ini menjadi inspirasi “Golden Fleece”

1091 Sebelum Masehi
Emas berbentuk kotak yang berukuran kecil mulai di gunakan di cina sebagai alat tukar yg sah (uang).

560 Sebelum Masehi
Koin pertama yg dibuat dari emas murni di tambang di Lydia sebuah kerajaan di Asia Minor.

344 Sebelum Masehi
Raja Alexander melewati Hellespont bersama 40.000 prajurit dimana pada era ini dimulai nya kampanye yang sangat besar dalam sejarah militer dan jumlah emas terbesar yang pernah di bawa dari kekaisaran Persia.

300 Sebelum Masehi
Orang yunani dan yahudi di Alexandria kuno mulai mempraktekan teknik kimia untuk memisahkan emas dari logam lainnya. Pencarian mencapai puncak dari akhir abad kegelapan melalui Renaissance.

218 Sebelum Masehi –

202 Sebelum Masehi
Selama era Punic War dengan Carthage romawi mendapatkan banyak sekali akses ke pertambangan emas di spanyol.

58 Sebelum Masehi
Setelah kemenangan kampanye di Gaul, Julius Caesar pulang dengan membawa emas yang jumlah nya sangat besar, sehingga dia bisa memberikan koin emas sebanyak 200 buah ke tiap prajurit nya dan membayar semua utang-utang Romawi.

50 Sebelum Masehi
Romawi mulai mengeluarkan koin emas yang di namai Aures

476 Masehi
Goth yang memecat Kaisar Augustus Romulas, menandai jatuhnya Kekaisaran Romawi.

600 Masehi –

699 Masehi
Kekaisaran Byzantine melanjutkan proyek penambangan di eropa tengah dan perancis, dimana area ini merupakan area penambangan emas yang tidak pernah di explorasi selama era kekaisaran romawi berkuasa.

742 Masehi –

814 Masehi
Charlemagne menyerbu Avars dan merampas emas mereka dalam jumlah besar, yang membuatnya menjadi sangat berkuasa di eropa barat.

1066 Masehi
Setelah terjadi nya penaklukan oleh Norman, standart mata uang logam akhirnya kembali di-berlakukan di Inggris dengan diperkenalkannya sistem pounds, shillings, dan pence. Yang secara harfiah adalah Pounds berarti setengah kilo sterling silver.

1250 Masehi –

1299 Masehi
Marco Polo menulis jurnal dari perjalanan nya ke timur jauh (saat ini di sebut asia) dengan judul “gold wealth was almost unlimited.”

1284 Masehi
Venice memperkenalkan Gold Ducat yang akhir nya menjadi koin yang sangat terkenal di dunia dan terus menjadi sangat terkenal sampai lima abad setelah peluncuran nya.

1284 Masehi
Great Britain mengeluarkan Koin emas utama untuk pertama kali, koin emas ini di beri nama Florin, yang selanjut nya di ikuti oleh dikeluarkan nya koin bernama Noble, Angel, Crown dan Guinea.

1377 Masehi
Great Britain merubah system keuangan mereka berdasarkan emas & perak.

1511 Masehi
Raja Ferdinand dari spanyol mengatakan ke para penjelajah “jika bisa dapatkan emas, tapi banyak bahaya untuk mendapatkan emas” yang akhir nya ekspedisi besar-besaran ke tanah yang baru di temukan di western hemisphere

1556 Masehi
Georgius Agricola menerbitkan buku yg berjudul De Re Metallica yang isi nya menjelaskan proses pengujian emas menggunakan api yg biasa di gunakan di abad pertengahan.

1700 Masehi
Dengan diketemukan nya cadangan deposit emas di brazil menjadikan brazil penghasil emas terbesar di dunia pada tahun 1720 dengan kapasitas produksi hampir mendekati 2/3 dari total kapasitas produksi seluruh dunia. Isaac Newton yang berperan sebagai kepala tambang menetapkan harga dalam satuan mata uang Great Britain sebesar 84 shillings 11,5 Pence per Troy ounce. The Royal Commission (Komisi Kerajaan) yang terdiri dari Isaac Newton, John Locke, and Lord Somers memutuskan untuk menarik seluruh mata uang lama dan menerbitkan mata uang baru dari emas/perak dengan rasio 16:1. Dengan begitu harga emas pertama kali di didirikan pertama kali di Inggris 200 tahun yang lalu.

1744 Masehi
Kebangkitan pertambangan emas di Rusia dimulai pada saat ditemukan nya singkapan pasir kuarsa di Ekaterinburg pada tahun 1787.
Koin Emas Amerika pertama kali di temukan oleh Ephraim Brasher yang berprofesi sebagai tukang emas.

1792 Masehi
Undang-undang mata uang logam Amerika Serikat menetapkan standart bimetallic emas perak, dimana telah ditetapkan dolar AS setara dengan 24,75 grain emas murni dan 371,25 grain perak murni (1 grain = 0.0648 grams).

1799 Masehi
Gold Nugget seberat 17 Pon di temukan di Cabarus county, North Carolina yang mana penemuan ini merupakan penemuan emas yang pertama kali terdokumentasikan.

1803 Masehi
Penemuan emas di Little Meadow Creek, North Carolina yang memicu terjadi nya Gold Rush di Amerika untuk yang pertama kali nya.

1804 Masehi –

1828 Masehi
North Carolina memasok seluruh kebutuhan koin emas US Mint untuk skala domestik dengan peruntukan sebagai mata uang.

1816 Masehi
Inggris secara resmi mengikat pound sterling terhadap emas dengan kuantitas berat tertentu dimana mata uang inggris dapat di gunakan sebagai nilai tukar nya.

1817 Masehi
Inggris mulai memperkenalkan Sovereign yaitu sebuah koin emas berukuran kecil yang memiliki nilai setara 1 pound sterling.

1830 Masehi
Heinrich G. Kuhn mengumumkan penemuan nya atas sebuah formula Fired on Glanz Gold.

1837 Masehi
Berat emas dalam satuan US dolar di kurangi 23,22 grain sehingga nilai emas murni seberat 1 troy ounce emas akan setara dengan $ 20.67.

1848 Masehi
John Marshall menemukan serpihan emas (gold flake) ketika sedang membangun sawmill milik John Sutter di dekat Sacramento, California. Penemuan John Marshall ini menyebabkan terjadinya Gold Rush di California.

1850 Masehi
Edward Hammong Hargraves kembali ke Australia setelah perjalanan ke California, dia memprediksi akan dapat menemukan emas di negara nya dalam kurun waktu 1 minggu setelah kedatangan nya. Dia menemukan emas di New South Wales seminggu setelah dia sampai di Australia.

1859 Masehi
Comstock Lode yg merupakan deposit perak pertama di amerika di temukan di daerah yg saat ini bernama Virginia City,Nevada yang di dalam nya juga terkandung deposit emas.

1862 Masehi
Latin Monetary Union ketetapan yang mengatur kadar, berat, ukuran dan nominal dari koin perak & koin emas negara Perancis, Italia, Belgia, Swiss, dan Yunani (pada tahun 1868) dan mewajibkan semua negara itu menerima koin emas & koin perak dari masing-masing negara tersebut sebagai alat pembayaran yang sah.

1868 Masehi
George Harrison menemukan emas ketika menggali batu untuk membangun rumah, dimana emas tersebut ditemukan di Afrika Selatan, sejak saat itu sumber emas tersebut mendekati 40% dari total emas yg pernah ditambang di Afrika Selatan.

1873 Masehi
Sebagai hasil dari perubahan undang-undang pertambangan dan koin, perak telah dihapuskan dari standart nilainya dan Amerika secara tidak resmi kembali ke standart emas.

1887 Masehi
Hak Paten Inggris dikeluarkan kepada John Steward MacArthur untuk penemuannya dalam proses recovery/pemurnian emas dengan menggunakan proses sianida. Proses sianida ini dapat menghasilkan emas sampai dua kali lipat dari total produksi dunia sampai 20 tahun yang akan datang.

1896 MASEHI
William Jennings Bryan berpidato di konvensi nasional partai demokrat yang berjudul “cross of gold” dimana pidato nya ini berisi desakan agar kembali ke system bimetallism. Pidato ini menjadi kan Willian Jennings Bryan sebagai salah satu kandidat presiden dari partai democrat, tapi dia dikalahan pada saat Pemilu oleh William McKinley. (Dalam ilmu ekonomi Bimmetallism memiliki arti Standart keuangan yang mana nilai dari mata uang dalam system moneter sebuah negara di definiskan setara / senilai dengan sejumlah tertentu berat emas atau bisa juga setara / senilai dengan sejumlah tertentu berat perak.)

1898 MASEHI
Dua orang pemancing ikan menemukan emas saat memancing di Klondike, Alaska yang menimbulkan gold rush di akhir abad ke 19.

1900 MASEHI
Undang-undang Standart emas di Amerika Serikat menempatkan sistem ekonomi Amerika pada Standart emas, dengan komitmen bahwa Amerika akan mempertahankan nilai tukar mata uangnya terhadap negara lain berdasarkan Standart Emas.

1903 MASEHI
Sebuah perusahaan bernama Engelhard memperkenal kan sistem untuk mencetak emas di atas permukaan sebuah objek. Ini pertama kali nya emas di gunakan sebagai dekorasi dengan menggunakan system ini dan Teknologi untuk Microcircuit Printing.

1913 MASEHI
Undang-Undang bank sentral Amerika menetapkan bahwa USD akan di dukung dengan emas sebanyak 40%.

1914 MASEHI –

1919 MASEHI
Standart emas di hentikan sementara oleh beberapa negara termasuk Amerika, Inggris selama perang dunia 1.

1927 MASEHI
Penelitian bidang kedokteran dalam skala besar yang dilakukan di Perancis membuktikan emas memiliki nilai yang sangat berharga dalam pemakaian nya untuk pengobatan / perawatan penyakit rheumatoid arthritis (Rheumatoid Arthritis (RA) merupakan penyakit autoimun [penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri] yang mengakibatkan peradangan dalam waktu lama pada sendi. Penyakit ini menyerang persendian, biasanya mengenai banyak sendi, yang ditandai dengan radang pada membran sinovial dan struktur-struktur sendi serta atrofi otot dan penipisan tulang. Pada Gambar 1, ditunjukkan bahwa RA dapat mengakibatkan nyeri, kemerahan, bengkok dan panas di sekitar sendi. Berdasarkan studi, RA lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pria dengan rasio kejadian 3 : 1.).

1931 MASEHI
Inggris meninggalkan system standart emas logam mulia.

1933 MASEHI
Untuk mengurangi kepanikan sektor perbankan, Presiden Amerika Franklin D. Roosevelt melarang warga negara Amerika memiliki koin emas, emas batangan logam mulia, dan sertifikat emas.

1934 MASEHI
Menindak lanjuti atas terjadi nya Great Depresion yang terjadi di Amerika pada tahun 1934 dan atas permintaan presiden Roosevelt akhir nya pada 30 Januari 1934 undang–undang Gold Reserve memberikan hak permanen atas semua yang berhubungan dengan emas dan penghentian produksi koin emas. Undang-undang ini juga menijinkan sertifikat emas di pegang oleh Bank Sentral menempatkan standarisasi moneter di Amerika pada standart logam mulia emas yg terbatas. Dimana penarikan emas dalam satuan dollar hanya bisa dilakukan oleh Bank Sentral dan individu yang telah mengantongi surat ijin untuk melakukan hal ini. Presiden Roosevelt mengurangi nilai dollar dengan cara menaikkan nilai emas menjadi $35/ounce.

1935 MASEHI
Western Electric Alloy #1 (69% Emas, 25% Perak, 6% Platina) menemukan pemakaian material tersebut untuk di gunakan sebagai switching contacts peralatan telekomunikas milik AT&T.
Tahun 1937 telah dibuka tempat penyimpanan logam mulai emas batangan di Fort Knox, Kentucky.

1942 MASEHI
Presiden Franklin D. Roosevelt Perpres yang isi nya menutup semua tambang emas yang berada di wiliyah hokum negara Amerika Serikat.

1944 MASEHI
Tahun 1945 DPR amerika meratifikasi perjanjian Bretton Woods, mendirikan standart tukar emas dan mendirikan dua lembaga internasional baru yaitu International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (Bank Dunia)

1945 MASEHI
Federal Reserve Note (FRN/Fiat Currency) yang di dukung oleh emas dikurangi sampai 25.5%





Sources:
J. Aron/Goldman Sachs & Company
Gold Fields Minerals Services
The Gold Information Center
The Gold Institute (former)
The Mentor
The Money Encyclopedia
United States Bureau of Mines
The Egyptians, Cyril Aldred, 1961.
Gold – An Illustrated History, Vincent Buranelli, 1979.
The Story of Civilization, Will Durant, 1954.
Life in Ancient Egypt, Adolf Erman, 1971.
The Gold Companion, Timothy Green, 1993.
World of Gold, Timothy Green, 1991.
Love of Gold, Emily Hahn, 1980.
Archaic & Classical Greek Coins, Colin N. Kraay, 1976.
Gold Fever, Kenneth J. Kutz, 1987.
Your Gold and Silver, Henry A. Merton, 1981.
Gold Institute (former) website, 2004

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar